7 kebiasaan yang dilakukan milyuner

Banyak orang yang memiliki gaya hidup yang tidak sesuai dengan kantongnya, banyak orang yang kantongnya pas-pasan namun bergaya hidup mewah sehingga membuatnya kesulitan sendiri untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Jika seorang milyuner bergaya hidup mewah dan seakan-akan bisa memiliki segalanya tentu akan dianggap wajar oleh orang lain.

Namun tahukah Anda bahwa banyak sekali milyuner atau pebisnis yang kaya raya berpikir dan bertindak sangat berbeda dari yang kita bayangkan. Kenyataannya orang yang paling sukses ketika berbisnis secara finansial adalah orang yang selalu low profile, bersikap sederhana, dan tidak pernah memamerkan kekayaannya. Salah satunya adalah Bill Gates, dia punya gaya hidup yang sederhana (low profile) dan suka berbagi kepada sesama.

Pasti kita berpikir bahwa milyuner bebas mengeluarkan uangnya untuk memiliki gaya hidup yang mewah dan terkadang tidak bisa kita nalar karena kekayaannya yang seakan tanpa batas. Namun kenyataannya mayoritas milyuner tidak berbuat seperti itu. Coba kita pikir lagi, akankah seorang milyuner menghabiskan uangnya untuk hal yang sepele seperti gaya hidup glamour daripada mempertahankan usaha yang sudah dijalankan selama bertahun-tahun dan mengantarkannya menjadi milyuner?

Tentu pengabdian dan pengorbanan selama bertahun-tahun tidak akan bisa dibandingkan dengan sekadar gaya hidup. Bukan hal yang mustahil jika kita mengikuti gaya hidup milyuner berikut ini akan membuat kita menjadi milyuner juga. Jadi, seperti apa kebiasaan yang dilakukan para milyuner dan gaya hidup mereka? Simak ulasannya berikut ini.

1. Memulai Bisnis Kerah Biru

Orang yang paling sukses secara finansial adalah orang yang mempekerjakan karyawan kerah biru, maksudnya adalah industri yang membutuhkan karyawan berketerampilan ataupun tidak namun langsung bersinggungan dengan pekerjaan fisik.

Sebaliknya gaji tertinggi namun dengan gaji bersih terendah adalah milik para pekerja kerah putih. Penjelasan sederhananya adalah pekerja kerah biru relatif tidak membutuhkan biaya yang tinggi untuk gajinya, namun pekerja kerah putih tentu berbeda dengan yang pertama.

2. Mengemudikan Mobil yang Biasa

Milyuner cenderung membeli mobil yang harganya hanya 10% lebih mahal daripada mobil-mobil yang bisa dibeli oleh orang awam. Meskipun gaji bersih mereka berlipat-lipat jumlahnya daripada gaji bersih masyarakat awam. Alasannya adalah mobil mewah selain berharga mahal, perawatannya pun akan membutuhkan pengeluaran yang lebih besar.

Kebanyakan milyuner melihat segala sesuatu berdasarkan fungsinya, bukan sekedar untuk bersaing dengan tetangga atau terlihat keren karena memiliki mobil mewah. Jika melihat segala sesuatu berdasarkan fungsinya mungkin kita juga bisa hidup lebih sederhana dan tidak berlebihan dalam segala hal.

3. Memiliki Rumah yang Kecil

Sebagian besar milyuner tinggal di rumah-rumah yang kecil meskipun mereka lebih dari mampu untuk membeli rumah yang lebih mewah dan besar. Mereka memilih untuk tetap tinggal di rumah yang sederhana untuk menghindari pengucilan dari teman-teman lama atau alasan lain yang lebih sederhana. Rumah yang mereka pilih biasanya rumah yang cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari yang mendasar saja.

4. Memilih Lingkungan Tempat Tinggal dengan Bijak

Milyuner bukan hanya tinggal di rumah yang kecil, namun mereka juga tinggal di perumahan kelas menengah, meskipun mereka sangat mampu untuk tinggal di perumahan kelas atas. Berdasarkan statistik dan contoh yang telah ada, tinggal di perumahan kelas atas semakin meningkatkan pengeluaran untuk mengimbangi para tetangga dengan membeli mobil mewah, menyekolahkan anak-anak mereka di sekolah swasta yang mahal, dan mengikuti program olahraga yang mahal.

5. Menghindari Bertaruh

Para milyuner tidak bertaruh saat mendapatkan gaji atau keuntungan yang besar tiap akhir tahunnya, sebagian besar dari mereka mengalihkan semua uangnya untuk membuat sebuah investasi baru yang berbeda dengan perusahaan mereka sendiri.

6. MEMBERIKAN SUMBER PADA ANAK-ANAKNYA, BUKAN BENDA

Semakin besar uang yang diberikan pada anak, maka semakin sedikit anak bisa menghasilkan kekayaan sendiri. Hubungan antara keduanya sudah jelas, tidak subyektif atau menggunakan interpretasi sendiri: semakin besar Anda memberi pada anak, semakin sedikit mereka akan bisa menghasilkan untuk diri sendiri.

Maka lebih bijaksana Anda memberikan sumber nya atau pancing nya saja. Itu akan lebih berguna untuk anak Anda di masa mereka dewasa nanti.

7. Mengikuti Aturan 7 Persen

Milyuner biasanya memiliki pendapatan tahunan 7 persen dari pendapatan bersihnya. Maksudnya, meskipun mereka telah dianggap sangat kaya, para milyuner hidup dan mendapat pendapatan tahunan yang sedikit dari pendapatan bersih mereka.

Bagaimana, apakah Anda melakukan kebiasaan yang dilakukan para milyuner tersebut? Jika ya, berarti Anda termasuk seorang milyuner yang sukses dan bijaksana dalam hidup.

sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *